Blog Dhita Yudhistira

Apakah Blog kata resmi dalam Bahasa Indonesia?

Tuesday, October 10, 2006

Malaysia Bangun Internet Exchange Domestik

Terus terang ini berita menggemparkan buat saya. Kl anda tidak lupa, sering kali salah satu alasan yang dikemukakan tentang mahalnya internet di Indonesia dibandingkan negara tetangga adalah "Content internet yang diakses masih banyak dari luar negeri sehingga provider harus membayar mahal untuk bandwidth ke luar negeri"

Dan ternyata? Malaysia bahkan belum punya Exchange Domestik. Seperti dikutip dari berita itu:

Bahkan saat menjelajahi situs lokal, pengguna Internet di Malaysia harus melewati jalur Singapura atau bahkan Amerika Serikat. Menurut Lim hal ini sangat tidak efisien dan biayanya mahal bagi konsumen.

Wah ditipu mentah-mentah nih. Kadang-kadang ada alasan lain lagi seperti,"Biaya menarik FO dari Singapura mahal". Seingat saya tahun 2000 saya mendengarkan presentasi Singtel tentang jaringan FO mereka yang ditarik ke Eropa, Amerika, dan Jepang. Dan itu tidak membuat biaya internet mereka menjadi mahal.

Sebetulnya saya masih menunggu penjelasan tentang isu-isu seperti, apakah gedung Telkom yang berdiri megah di banyak kota di Indonesia menambah biaya atau justru meningkatkan efisiensi? Apakah memang perlu ruang pembayaran yang seluas itu di jaman orang-orang bisa bayar lewat bank?

Seingat saya nih ya, Telkom selalu menang penghargaan sebagai perusahaan dengan pendapatan tertinggi, fastest growth, dan seterusnya. Hampir tidak pernah mendapat penghargaan misalkan, the most efficient dsb.

Kalau saya nggak salah ya...

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home