Blog Dhita Yudhistira

Apakah Blog kata resmi dalam Bahasa Indonesia?

Tuesday, December 05, 2006

Ujian Tengah Semester di IPB
















Tanggal 16-17 November kemarin, saya memeberikan UTS di IPB. Semester ini memang saya mengajar di program Diploma IPB, jurusan Teknik Komputer, mata kuliah Teknologi Komunikasi Data.

Sepanjang yang bisa saya ingat, saya memang senang mengajar. Dan setiap ada kesempatan, I'll jump right in.

Sering kali sulit untuk membayangkan saya sebagai dosen. Bayangkan, waktu kuliah dulu tingkat presensi saya saja tidak begitu baik. Apa lagi kalau meninjau nilai dan sebagainya. Karena hal-hal semacam ini, agak sulit bagi saya untuk memberikan wejangan atau petuah bagi mahasiswa di kelas.

Tapi saya mencoba melakukan yang terbaik. Mengajar tepat waktu. Kehadiran tinggi. Dan saya bertekad bahwa mahasiswa harus mendapatkan manfaat dari kuliah yang saya berikan.

Untuk keterlambatan dan mencontek, saya tidak mentoleransi. Sudah saatnya kuliah-kuliah diberikan dengan disiplin. Bagai mana dengan mencontek? Ya ini jelas perbuatan tidak baik. Lalu, apa saya sendiri waktu kuliah tidak pernah mencontek?

Well. Saya memang mengklaim bahwa saya tidak pernah mencontek, walau tentunya ada saksi yang bisa bersaksi saya tidak begitu.

Begini. Saya ini orangnya apa adanya. Kalau saya tidak belajar, ya saya tidak akan neko-neko untuk bermimpi lulus. Wajar-wajar saja. Tapi sering kali saya merasa tidak enak dengan dosen yang mengajar. Masa saya mengumpulkan kertas ujian kosong, sangat tidak menghargai jerih payah yang mengajar.

Jadi untuk lebih meringankan perasaan si Dosen, saya mencontek. Secukupnya untuk supaya kertas saya tidak kosong. Swear!!! Masa sih, kalau sudah mencontek, saya masih kuliah selama itu dengan IPK segitu-segitunya? I must have been really stupid. Walau saya tidak membantah, ada dosen-dosen yang cukup berbaik hati memberi saya C karenanya, di luar dugaan dan targetan saya.

Apakah ini pembelaan diri? Memang!!! Tapi ini fakta....

2 Comments:

  • At 10:48 PM , Anonymous Anonymous said...

    Ha ha ha, kayaknya memang jarang ada teman kita yang tidak pernah tidak menyontek.

     
  • At 3:12 PM , Anonymous Anonymous said...

    wahaha... seide seide.... kalo lulus lama, ip segitu2 aja, dan mencontek pula.... (buset dah...)
    hahahahaha... duh, mengingat idenya pun tertawa sayah... oke2... doakan sayah cepat lulusnya....

     

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home