Blog Dhita Yudhistira

Apakah Blog kata resmi dalam Bahasa Indonesia?

Friday, November 14, 2008

Hess Menang di Blok V

Seperti yang diberitakan, hak pengelolaan Blok V Semai jatuh ke tangan HESS. Menurut Dirjen Migas Evita Legowo, penilaian didasarkan tiga pertimbangan: ekonomis, teknis, dan kinerja.

Berikut cuplikan beritanya:
"Dalam kasus Blok Semai V, Pertamina mempermasalahkan kekalahannya karena merasa sudah mengajukan komitmen investasi yang jauh lebih besar ketimbang Hess yang akhirnya dipilih jadi pemenang. Menneg BUMN Sofyan Djalil juga mengaku kecewa dengan kalahnya Pertamina.

Namun Evita menegaskan, komitmen investasi selama tiga tahun kedepan merupakan hal yang tidak pasti. Karena dalam realisasinya, setiap investasi yang dikucurkan kontraktor migas harus dievaluasi dulu oleh BP Migas. Sehingga realisasi komitmen investasi itu bisa berubah dari yang diajukan saat penawaran.

"Dia komitmen ini itu, tapi kan waktu mau direalisasikan harus dievaluasi dulu. Dan kenyataannya bisa berubah dari rencana yang ditawarkan. Jadi sebenarnya itu belum pasti, belum tentu terealisasi," katanya.

Sementara itu, meski Pertamina memberikan komitmen investasi yang lebih besar, namun bonus tanda tangan yang diberikan jauh di bawah yang diberikan Hess. Hess menawarkan bonus tanda tangan US$ 40 juta sementara Pertamina hanya US$ 15 juta. Bonus tanda tangan ini merupakan bonus yang diberikan kepada pemerintah jika dimenangkan dalam tender blok migas."

Jadi kurang lebih, hanya karena perbedaan US$25 juta, maka pemerintah memberikan blok ini kepada HESS.

What a cheap country.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home