Blog Dhita Yudhistira

Apakah Blog kata resmi dalam Bahasa Indonesia?

Monday, March 16, 2009

Merokok itu Haram

Beberapa waktu lalu, ada ribut-ribut soal diharamkannya rokok oleh MUI. Tampaknya fatwa ini dianggap angin lalu, dan dari situ kita bisa mengukur pengaruh MUI di masyarakat.

Penarikan kesimpulan haram ini sebetulnya semacam analogi. Analogi dengan babi, alkohol, dan kemudian rokok. Tapi sebetulnya masih banyak celah kalau dibandingkan dengan alkohol. Alkohol dilarang karena memabukkan, bukan karena membahayakan. Jadi kalau rokok dilarang karena membahayakan seperti alkohol, rasanya nggak kena. Paling-paling bisa dibilang,"lebih banyak mudharatnya dari pada manfaatnya." Tapi kalau begitu artinya juga bukan haram.

Seperti hukum KUHP, banyak pasal yang bisa dipakai untuk menjerat sebuah tindakan.

Sebetulnya saya berharap, para ulama melihatnya dari sisi lain. Yaitu bahwa rokok mengganggu dan membahayakan orang lain, merenggut hak orang lain (untuk mendapatkan udara dalam kondisi defaultnya: bersih), dan karena itulah dia diharamkan. Dengan demikian kalau seseorang merokok di tempat yang menyebabkan terhisapnya asap oleh orang lain, maka dia berdosa.

Kalau ada yang merokok di tempat sepi? Itu hak dia, bahkan kalau dia mau menghisap 5 batang sekaligus.

1 Comments:

  • At 9:36 PM , Anonymous Anonymous said...

    Hai Ditha....
    menarik membahas rokok :-)

    mengenai haram dan halal yg dikonsumsi dalam hukum islam (based on Al quran, ada perspektif menarik yg aku suka. begini ni....

    setidaknya ada 3 kategori (dalam 3 ayat yg berbeda) :
    1. haram karena zatnya. hanya ada 4 jenis : babi, darah, bangkai, yg disembelih untuk selain Allah (tolong dikoreksi kalau ada yg salah)
    2. haram karena sebab matinya : dicekik, dibanting, disiksa, dll
    3. haram karena akibatnya : khamr/minuman keras yg memabukkan. Disini bisa kita masukkan narkotika psikotropika dan juga rokok.

    So, setuju banget mbak, kalo rokok seharusnya memang diharamkan, karena selain merugikan bagi yg kecanduan, juga bagi tetangga yg sekedar merokok pasif.

    Piss!
    hidup oksigen bebas asap rokok!

     

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home