Blog Dhita Yudhistira

Apakah Blog kata resmi dalam Bahasa Indonesia?

Wednesday, February 06, 2008

Saya Belum Ngeblog Tentang Pak Harto

Mereka yang kenal saya, tentu sedikit heran bahwa saya belum menulis sedikit pun sekitar Pak Harto di Blog saya.

Permasalahannya sebetulnya ada dua.

Pertama, Pak Harto baru saja sakit dan meninggal, saya tidak merasa cukup enak buat menulis tentang beliau dikarenakan hal tersebut. Namun demikian saya tegaskan bahwa saya tidak setuju jika dinyatakan ajaran agama melarang membicarakan keburukan orang yang sudah meninggal, keburukan saudara sendiri. Saya bukan saudara Pak Harto, itu pasti. Tapi yang lebih penting, harus dibedakan antara bergunjing dan membicarakan fakta dengan harapan ada sesuatu yang bisa dipelajari darinya. Ini juga bukan urusan dendam. Saya tidak memaafkan Pak Harto juga semata karena tidak pernah ada dosa langsung Pak Harto ke saya (misalkan Pak Harto bilang,"Dhita, kamu gendut dan malu-maluin"). Walau jelas kepemimpinan Pak Harto sangat mempengaruhi hidup saya.

Aneh, kalau kita tidak boleh bicara tentang hal-hal negatif, ya departemen sejarah dan sebagian departemen agama harus ditutup.

"Abu Jahal itu orang yang memegang prinsip sampai akhir hayatnya."

atau

"Abu Lahap entrepreneur tangguh dan gigih."

atau

"Daendels adalah project manager yang kukuh dan all out."

Begitulah kita membahas sejarah jika tidak boleh membahas hal-hal negatif dari orang yang sudah tidak ada.

Kedua, menuliskan tentang Pak Harto sangatlah sulit buat saya. Banyak hal yang sukar untuk diungkapkan dengan kata-kata. Sulit bagi saya untuk menulis sebuah tulisan tentang Pak Harto yang memenuhi kriteria saya pribadi.

Jadi sampai saat ini saya belum menulis tentang Pak Harto. Yang bisa saya tuliskan di sini adalah, buat saya keberhasilan Pak Harto lebih banyak omong kosongnya, termasuk mitos tentang keberhasilan pembangunan dan swasembada beras.

Yang tidak terbantahkan suksesnya cuma KB. Yang lain masih bisa dibicarakan. May be next time.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home